Rabu, 04 November 2020

Penjelasan 8 Aturan Kepuasan Interaksi

 Penjelasan 8 Aturan Kepuasan Interaksi
 
 
 

1. Konsistensi

Aturan ini yang sering dilanggar, tetapi secara total mengikuti aturan inipun rumit karena konsistensi dapat mempunyai bentuk yang berbeda.
User interface yang konsisten terlihat dalam menampilkan suatu interface yang menghindarkan user dari kesalahan saat menggunakan suatu perintah atau fungsi untuk pertama kali
Contoh aturan : penggunaan pesan/prompt, menu, layar help, penggunaan warna, tata letak, jenis huruf, font.

2. Fasilitas Kunci Cepat

Dapat dijelas bahwa Fasilitas kunci cepat merupakan Fitur singkatan, kunci-kunci khusus,perintah tersembunyi ,waktu tanggap singkat dan kecepatan penampilan.Sehingga Mengurangi jumlah interaksi dan meningkatkan kecepatan berinteraksi.

Contoh : Kunci-kunci khusus,Perintah-perintah tersembunyi dan fasilitas makro.

3. Umpan balik yang informatif  

Dapat dikatakan bahwa Umpan balik yang informatif ternyata Setiap tindakan pengguna haruslah ada umpan balik dari sistem.


 4. Rancangan dialog yang mengarah ke penutupan

Urutan tindakan harus diorganisir ke dalam kelompok-kelompok suatu bagian awal, tengah dan akhir, sehingga tindakan bisa memberikan kepuasaan dan perasaan lega kepada pengguna.

 5. Pencegahan Kesalahan dan Penanganan Kesalahan

Agar pengguna tidak melakukan kesalahan serius.Jika pengguna melakukan kesalahan, sistem harus mendeteksi kesalahan tersebut dan memeberikan instruksi yang sederhana, spesifik dan instruktif. 

Contoh : terdapat menu pilihan

6. Pembalikan Tindakan Yang Mudah

Suatu tindakan harus dapat dibalik, sehingga akan mengurangi kecemasan pengguna, karena kesalahan yang mereka perbuat dapat dibatalkan.

7. Dukungan Pada Locus Of Control Internal

Menurut pendapat dari beberapa orang,Pengguna yang berpengalaman selalu memiliki keinginan untuk merasa bahwa merekalah yang menguasai sistem dan bahwa sistemnya memberikan tanggapan sesuai dengan tindakan merekaTindakan sistem yang bertele tele dan ketidakmampuan sistem menghasilkan tindakan akan menyebabkan kecemasan dan ketidakpuasan pengguna.

8. Pengurangan Beban Memori Jangka Pendek

Keterbatasan memori manusia untuk mengolah informasi pada memori jangka pendek mensyaratkan bahwa tampilan haruslah sederhana, tampilan halaman banyak harus dikonsolidasikan, frekuensi perpindahan dari satu jendela kejendela lainnya harus dikurangi. Kurangi frekuensi perpindahan window dan pembelajaran sistem yg rumit dan lama.

 

Referensi : 

https://slideplayer.info/slide/13128796/

https://anypointkomputer.blogspot.com/2017/03/interaksi-manusia-dan-komputer.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MODEL PROSES

MODEL PROCESS V-MODEL Singkatnya, V-Model adalah sebuah model SDLC yang eksekusi per fasenya dilakukan secara sekuensial dalam bentuk V....