Minggu, 03 Mei 2020

Sejarah Software dan Jenis-Jenis Software

SEJARAH PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
  • Era Pioner
Perkembangan Software Komputer
Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, gambar berikut memperlihatkan orang yang sedang menggunakan komputer. Cara lain dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program untuk sebuah mesin untuk tujuan tertentu. Pada era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai dikerjakan komputer berupa print out. Proses yang di lakukan di dalam komputer berupa baris instruksi yang secara berurutan di proses.
  • Era Stabil
Perkembangan Software Komputer
Pada era stabil penggunaan komputer sudah banyak di gunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri / perusahaan. Perusahaan perangkat lunak bermunculan, dan sebuah perangkat lunak dapat menjalankan beberapa fungsi, dari ini perangkat lunak mulai bergeser menjadi sebuah produk. Baris-baris perintah perangkat lunak yang di jalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah seperti banyak proses yang di lakukan secara serempak (multi tasking). Sebuah perangkat lunak mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real time). Pada era ini mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang di proses).
  • Era Mikro

Perkembangan Software Komputer
Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang di gunakan secara langsung oleh penggunannya untuk keperluan tertentu. Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.
  • Era Modern

Perangkat Lunak D. SINAGA, M.KOM. - ppt download
Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25 prosesornya, sebuah komputer genggampun telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC. Tidak hanya komputer, bahkan peralatan seperti telepon, TV, hingga ke mesin cuci, AC dan microwave, telah di tanamkan perangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan itu. Dan yang hebatnya lagi adalah setiap peralatan itu akan mengarah pada suatu saat kelak akan dapat saling terhubung. Pembuatan sebuah perangkat lunak bukan lagi pekerjaan segelentir orang, tetapi telah menjadi pekerjaan banyak orang, dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam perancangannya. Tingkat kecerdasan yang di tunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara dan gambar.

Jenis-Jenis Software
1.Freeware
Freeware adalah suatu software atau aplikasi yang dapat digunakan oleh semua orang atau pengguna tanpa membayar. Meskipun gratis, pada dasarnya pembuatnya memiliki kebijakan tertentu yang umumnya disertakan ketika anda mendownload freeware tersebut.Contohnya:
  • Photoscape adalah perangkat lunak editor citra. “Mudah dan Menyenangkan” Sehingga memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengedit foto yang diambil dari kamera digital atau kamera ponsel. PhotoScape menyediakan antarmuka pengguna sederahan untuk melakukan tambahan foto umum termasuk penyesuaian warna, memotong, mengubah ukuran, percetakan dan animasi 
Jual SOFTWARE ADOBE PHOTOSHOP CS3 2015 di lapak WEEDA DIGISHOP ...
  • Smadav ialah tipe antivirus nan dibuat dengan desain nan dapat digunakan sebagai perlindungan tambahan. Jadi fungsi smadav memang menambah kinerja dan perfoemanve anti virus lain nan sudah ada di komputer kita. Dengan menambahkan free download anti virus smadav maka justru komputer kita lebih terproteksi. Smadav bisa berjalan dengan baik hingga 100% menerima meskipun sudah ada anti virus lain di komputer kita.
Smadav 2020 Rev. 13.5 Free Download | softwareanddriver.com - Free ...

  • WinAmp  adalah sebuah freeware gratis yang mempunyai fungsi dasar untuk memutar musik dan video. Akan tetapi, dengan plug-in yang tepat kita bisa mengubah player musik WinAmp menjadi program multiguna untuk bertukar musik di Internet, meng-copy CD, mengoperasikan TV, dan pekerjaan lainnya.

Download Winamp 5.666.3516 Full/Lite | 5.8.3660 Beta
  • CCleaner adalah program yang mudah digunakan dan efisien, sangat penting untuk melindungi privasi dan keamanan digital Anda. Dengan menghapus (atau membersihkan) secara permanen riwayat perambah (browser history), cookies, dan file sementara lainnya yang dibuat selama proses kerja, dan juga ruang tidak terpakai di disk.
CCleaner - Download the latest version from Softoworld
  • TagScanner adalah software yang bisa digunakan untuk melakukan rename secara massal file musik kamu yang masih kacau balau, juga bisa digunakan untuk memperbaiki tag, bahkan mencari tag dengan dukungan beberapa situs terkemuka seperti FreeDB dan Amazon.
Download TagScanner 6.1.1 Windows 32 Bit, 64 Bit - RumohSoftware.Com
  • Avira adalah salah satu antivirus buatan Jerman yang sudah terkenal luas di seluruh dunia, salah satunya di Indonesia. Ada dua versi Avira, yakni Avira Free dan Avira Premium. Dari namanya saja tentu anda dapat menebak bahwa yang pertama gratis, yang kedua adalah berbayar.
Download Avira Free Antivirus 1.2.143.109 - JalanTikus.com
  • Opera adalah peramban web dan paket perangkat lunak Internet antar-platform. Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti peramban web, serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik. Opera dibuat oleh Opera Software yang bermarkas di Oslo, Norwegia. Opera dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, termasuk Microsoft Windows, Mac OS X, Solaris, FreeBSD dan Linux.
Opera Mini - fast web browser - Apps on Google Play
2.Shareware
Shareware adalah software atauaplikasi yang dapat di-download dan digunakan secara gratis. Namun penggunaannya atau pemakai memiliki batas waktu tertentu dalam penggunaanya.Contohnya:
  • WinRar adalah software yang berfungsi mengubah file menjadi arsip yang sangat membantu apabila kita mau meng-upload/ download file. Kegunaan WinRar antara lain dapat mengkompres ukuran file menjadi lebih kecil sehingga jika ingin men-download file dengan koneksi internet yang lambat maka proses download tidak akan memakan waktu yang lama.
19-year-old WinRAR bug left millions of users vulnerable

  • Internet Download Manager adalah sebuah alat yang memudahkan kita untuk mengambil data dari internet atau bisa disebut juga dengan istilah “Download”.
Jual IDM Original Internet Download Manager Software [Life Time ...
  • Microsoft Office adalah perangkat lunak paket aplikasi perkantoran buatan Microsoft dan dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X. Beberapa aplikasi di dalam Microsoft Office yang terkenal adalah Excel, Word, dan PowerPoint. Versi terbaru dari Aplikasi Microsoft Office adalah Office 15 (Office 2013) yang diluncurkan 29 Januari 2013.
Microsoft Office 2019 Software Suites
  • Nero Burning ROM adalah perangkat lunak buatan Nero AG, Jerman yang memiliki fungsi utama sebagai alat untuk membakar data pada keping CD, DVD hingga Blue Ray.
Nero Burning ROM 2020 v22.0.1011 Patch Full Crack Download
  • RealPlayer merupakan salah satu perangkat lunak (software) yang digunakan untuk memainkan streaming audio dan video melalui internet secara real-time.
Download RealPlayer 1.1.3.05 APK for the Best All-in-One Android ...
  • Winzip adalah software yang berfungsi mengubah file menjadi arsip yang sangat membantu apabila kita mau meng-upload/ download file. Kegunaan Winzip antara lain dapat mengkompres ukuran file menjadi lebih kecil sehingga jika ingin men-download file dengan koneksi internet yang lambat maka proses download tidak akan memakan waktu yang lama.
10 Software ZIP dan UnZIP Gratis Pengganti WinZip
  • mIRC merupakan perangkat lunak berbayar untuk Internet Relay Chat atau percakapan daring yang beroperasi di sistem operasi Windows. mIRC diciptakan tahun 1995 oleh Khaled Mardam-Bey, berguna untuk berbincang (chatting) antar sesama pengguna mIRC di seluruh dunia
mIRC - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
3.OpenSource
Open Source adalah istilah bagi software yang dapat dimodifikasi ulang sesuai keinginan penggunanya. Dapat diartikan bahwa open source memiliki pengertian sumber terbuka jadi kodenya dapat kita ambil dan kita kembangkan, Software seperti ini dapat didownload secara gratis dan source code-nya dibuka untuk publik.Contohnya:
  • Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas loh katanya mbah dun dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional. And Ubuntu sendiri dikembangkan oleh komunitas sukarelawan Ubuntu.
Ubuntu Logo | Linux, Tech logos, Video websites
  • Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja
Mengenal Software Linux - Iykra - Medium
  • Notepad++ adalah sebuah penyunting teks dan penyunting kode sumber yang berjalan di sistem operasi Windows. Notepad++ menggunakan komponen Scintilla untuk dapat menampilkan dan menyuntingan teks dan berkas kode sumber berbagai bahasa pemrograman.
Notepad++ – Logos Download
  • Audacity adalah program pengolah pengolah Suara/Audio open source (Gratis) yang disediakan oleh vendor Audacity,bagi para pengguna atau penggemar Mixing lagu. Dibandingkan dengan pengolah Audio berbayar lainnya,Audacity bisa dibilang cukup untuk mengolah Audio,terutama bagi pemula.
Using Audacity | joebarden34
  • Pidgin adalah sebuah program untuk chat yang memungkinkan Anda log in ke banyak jenis layanan chat seperti MIRC, Yahoo Mesengger, Gtalk dan lain-lain secara bersamaan.
File:Pidgin Logo.svg - Wikimedia Commons
4.Commercial Software
Commercial Software adalah software berbayar yang disuport resmi oleh perusahaan pembuatnya. Pengguna tidak bisa memodifikasi software tersebut.Contohnya:
  • Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi. yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis.
Microsoft Windows Logo | Windows xp, Microsoft
  • Macromedia Flash Full Version merupakan salah satu software plugin yang manfaatnya untuk membuka atau melihat gambar animasi,video juga game yang ada di dalam salah satu website system plugin
Faiz-s4n.blogspot.com: Download Macromedia Flash 8 full version + ...
  • Adobe Acrobat adalah perangkat lunak pertama yang mendukung Portable Document Format (PDF) milik Adobe Systems, sejenis format data dokumen. Terdiri dari Adobe Reader yang hanya dapat menampilkan dan mencetak dokumen dan tersedia secara cuma-cuma, dan Adobe Acrobat untuk menyunting dokumen.
Adobe Acrobat Logo / Software / Logonoid.com
  • Zope adalah sebuah aplikasi web berorientasi server pdf lebih dekat Windows server cache untuk Windows Server adalah suara baru dan tingkat sempurna yang harus memenuhi kebutuhan saluran seperti windows server web windows standard server adalah peran server aplikasi yang mendukung orang untuk hidup untuk makanan selamat datang website kami Jan server Lihat aplikasi Web (Web server aplikasi) dari World Wide Web ulum komputer pertama.
Plone - A History of Python Web
5.Firmware

Firmware dalam bahasa Indonesia sering disebut juga dengan perangkat tegar. Istilah ini mengacu pada perangkat lunak yang disimpan di penyimpanan read-only yang tidak bisa berubah saat tidak dialiri oleh aliran listrik. Firmware terdiri dari program komputer yang menyediakan kontrol low-level untuk sebuah perangkat keras. Artinya, firmware ini seperti tertanam dalam tiap unit perangkat keras, seperti misalnya alat-alat elektronik dan komponen pada komputer.

Sebuah perangkat keras bisa saja tetap mempertahankan komponen-komponennya walaupun firmwarenya diubah. Jika diibaratkan, firmware mirip-mirip dengan sistem operasi pada sebuah komputer. Komputer tanpa sistem operasi tidak dapat menjalankan fungsinya dengan benar, penggunanya tidak dapat memberikan inputan perintah yang dapat diproses komputer. Begitu pula halnya dengan firmware.Tanpa adanya firmware dalam perangkat keras, maka sebuah perangkat keras tidak dapat menerima perintah untuk dieksekusi. Walau begitu, terdapat perbedaan antara firmware dan software yang akan dibahas di poin selanjutnya.

Awalnya, firmware hanya memiliki memory read-only (ROM), dan memori terprogram read-only (PROM). Firmware jenis tersebut didesain untuk bekerja secara permanen, tidak dapat diupdate ketika ada pembaharuan tertentu.Kemudian, chip PROM berkembang dan program di dalamnya dapat diperbaharui, yang kemudian dinamakan dengan EPROM (Erasable Programmable ROM). Walau begitu, EPROM ini cukup mahal, memakan waktu banyak untuk diperbaharui, dan penggunaannya pun kurang praktis. Setelah itu, firmware berkembang lagi dengan memori flash, yang lebih mudah digunakan dan lebih praktis untuk diupdate.

Contoh-contoh Firmware:


Tidak hanya pada komputer, bahkan di dalam peralatan elektronik yang sehari-hari digunakan manusia juga terdapat firmware di dalamnya. Berikut contoh-contoh penggunaan firmware yang perlu anda ketahui :
Pada Alat Elektronik : sistem timer dan kontrol pada mesin cuci, remot televisi, kalkulator, MP3 player, smartphone.
Mp3 Logo Images, Stock Photos & Vectors | Shutterstock
Pada Komponen Komputer, terdiri dari :
BIOS (Basic Input/Output System), dikenal pula dengan PC BIOS/ROM BIOS/Sistem BIOS, merupakan firmware yang digunakan untuk menginisiasi perangkat keras selama proses booting (menyalakan) komputer.
UEFI (Unified Extensible Firmware Interface)
Open Firmware
ARCS pada komputer Silicon Graphic.
Pada Router dan Firewall, terdiri dari
OpenWRT : firmware berbasiskan GNU/Linux yang memiliki fitur lebih lengkap bagi sebuah router dibandingkan dengan router pabrikan.
IPFire : firmware distribusi  Linux yang berguna untuk memudahkan pengaturan serta pengamanan untuk suatu jaringan.
m0n0wall : merupakan sebuah firmware yang jika digunakan akan menghadirkan fitur penting untuk firewall pada PC.

6.FreeSoftware

Free software (perangkat lunak bebas, PLB) adalah kategori perangkat lunak yang mencocoki em­pat kebebasan software yang disebut Free Software Definition:
  • Kebebasan menjalankan software untuk tujuan apa pun.
  • Kebebasan mempelajari software dan memperbaikinya (akses kepada source code adalah prasyarat untuk poin ini).
  • Kebebasan untuk mendistribusikan salinan software.
  • Kebebasan untuk mendistribusikan modifikasi software (akses kepada source code adalah prasyarat untuk poin ini).

Contoh Free Software:

  • Sistem operasi GNU.
  • Sistem operasi distribusi GNU/Linux seperti Debian, Fedora, Slackware, dan seterusnya.
Debian-Logo | XELLINK
Fedora Logo - PDF
File:Slackware logo.svg - Wikimedia Commons
  • Mozilla Thunderbird,
How To Display Signature In Replies, Forwards | Daves Computer Tips

7.Malware



Malware (singkatan dari istilah Bahasa Inggris malicious software, yang berarti perangkat lunak yang mencurigakan) adalah program komputer yang diciptakan dengan maksud dan tujuan tertentu dari penciptanya dan merupakan program yang mencari kelemahan dari software. Umumnya malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software atau sistem operasi melalui script yang disisipkan secara tersembunyi oleh pembuatnya.

           

Jenis-Jenis Malware:



  • Virus Komputer adalah Jenis malware yang menyerang file eksekusi (.exe) yang akan menyerang dan menggandakan diri ketika file exe yang terinfeksi di jalankan. Virus komputer menyebar dengan cara menyisipkan program dirinya pada program atau dokumen yang ada dalam komputer.
  • Network Background 500*559 transprent Png Free Download - Computer ...
    Worm alias cacing adalah sebuah program komputer yang dapat menggandakan dirinya sendiri dan untuk penyebarannya tidak perlu campur tangan dari user itu sendiri dengan memanfaatkan suatu jaringan
  • Spyware Malware Removal | Best Malware Protection Software
    Spyware adalah program yang bertindak sebagai mata-mata untuk mengetahui kebiasaan pengguna komputer dan mengirimkan informasi tersebut ke pihak lain. Spyware biasanya digunakan oleh pihak pemasang iklan.
  • Adware - What Is It & How To Remove It | Malwarebytes
    Adware adalah iklan yang dimasukkan secara tersembunyi oleh pembuat program, biasanya pada program yang bersifat freeware untuk tujuan promosi atau iklan.
  • Remove Viruses, Trojans & Malware from Windows PC (Free Guide)
    Trojan atau trojan hourse adalah program yang diam-diam masuk ke komputer, kemudian memfasilitasi program lain misalnya virus, sypware, adware. keylogger dan malware lainnya untuk masuk, merusak sytem, memungkinkan orang lain meremote komputer dan mencuri informasi seperti password atau nomor kartu kredit kita.
  • Keylogger adalah sebuah program yang dapat memantau penekanan tombol pada keyboard, sehingga orang lain dapat mengetahui password dan informasi apapun yang kita ketik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MODEL PROSES

MODEL PROCESS V-MODEL Singkatnya, V-Model adalah sebuah model SDLC yang eksekusi per fasenya dilakukan secara sekuensial dalam bentuk V....